Selasa, 29 September 2015

Membuat Konsumsi Bahan Bakar Mesin Bensin Irit

Membuat Konsumsi Bahan Bakar Mesin Bensin Irit dengan Metode Manifold Cyclone Air Bleeding.

   Motor bakar bensin konfensional yang masih menggunakan system pengabut karburator bisa jadi merupakan teknologi yang ketinggalan di era sekarang ini. Bermunculannya system injeksi bahan bakar bensin pada motor bakar yang menjanjikan performa mesin dan efisiensi bahan bakar  yang lebih baik  menjadikan system pengabut seperti karburator semakin ketinggalan . akan tetapi banyak orang yang memandang dari sisi mudahnya perawatan masih cenderung  memilih untuk membeli mesin bersistem pengabut konvensional /karburator.

        Oleh sebab itu disini saya akan berbagi tips membuat bahan bakar motor bensin konvensional agar lebih irit. Mengingat pelajaran otomotif ,  diajarkan bahwa syarat terjadinya pembakaran adalah adanya udara + bahan bakar + api. Suatu motor bakar akan bekerja efisien jika perbandingan campuran bahan bakar dan udara adalah proporsional yaitu lebih kurang 1 kg bensin berbanding dengan 16 kg udara. Dimana pada motor bakar bensin bahan bakar dan udara dicampurkan dahulu sebelum mengalami proses pembakaran. Pada motor bakar bersistem injeksi elektronik perbandingan campuran udara dan bahan bakar ini sangatlah di perhitungkan sehingga karena hal tersebutlah yang membuat motor bakar injeksi lebih irit. Akan tetapi ada satu hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah homogenitas percampuran antara bahan bakar dengan udara. Seberapa homogen percampuran udara dan bahan bakar juga akan berpengaruh pada kualitas pembakaran pada motor bakar. Semakin bagus dan semakin homogen percampuran bahan bakar dengan udara maka pembakaran dan effisiensi mesin juga akan semakin bagus.

       Untuk meningkatkan homogenitas pencampuran bahan bakar dan udara pada mesin bersistem pengabut karburator dapat dilakukan dengan cara meningkatkan olakan ( adukkan ) campuran bahan bakar dengan udara pada system manifold intake. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menambahkan suatu piranti tambahan pada manifold intake yang berfungsi untuk membuat semacam pusaran udara / cyclone pada saluran manifold intake, sebut saja piranti tersebut flange intake manifold cyclone maker  . piranti tersebut bisa kita buat sendiri dengan menmanfaatkan sebuah plat logam yang di bentuk sesuai dengan persambungan antara karburator dan manifold intake dengan sudu sudu berbentuk semacam baling baling di sisi tengahnya yang akan berfungsi menciptakan  pusaran cyclone di sepanajang saluran intake manifold. Putaran cyclone tersebut akan meningkatkan homogenitas percampuran udara dan bensin. Sehingga mesin akan bekerja lebih effisien atau irit bahan bakar.














Gambar contoh flange intake manifold cyclone maker  untuk motor bebek  tampak depan. Sisi tengah merupakan sudu sudu pembuat putaran air cyclone









Gambar contoh flange intake manifold cyclone maker untuk motor bebek  tampak samping. Sisi tengah  menonjol merupakan sudu sudu pembuat putaran air cyclone


        Gambar di atas merupakan contoh yang bisa di aplikasikan untuk motor bebek yang biasa di jual di pasaran Indonesia. Untuk jenis kendaraan lain seperti mobil maupun motor jenis lain, pada dasarnya prinsipnya sama tinggal menyesuaikan bentuk flange sambungan antara karburator dengan intake manifold.


Syarat yang harus di penuhi flange intake manifold cyclone maker  :
1.   Terbuat dari bahan yang cukup kuat menahan panas 
2.   Terbuat dari bahan tang cukup kuat menerima tekanan udara intake manifold , saran bahan yang bisa di gunakan adalah plat besi dengan tebal lebih kurang 0.4 mm
3.   Dibuat dengan desain yang tidak banyak mempengaruhi atau mengurangi kualitas aliran udara di area intake manifold.
4.   Dapat menciptakan air cyclone yang cukup kuat.




Semoga tips ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar